Afnan Labib Juara Nasional Kuis Kihajar

TEGAL – Afnan Labib Budi Panular, siswa SMA Negeri 1 Tegal meraih juara II tingkat nasional lomba kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) yang diadakan Kemdikbud berkerja sama dengan Pusat Teknologi Komunikasi (Pustekom).

Siswa kelas XII IPA itu menyisihkan 44 siswa dari 33 provinsi dan berhasil memboyong piala yang diserahkan langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan. Sementara juara I dan III dimenangkan oleh Ellen Emanuela dari Kepulauan Riau dan Fathur Havizhi dari Kalimantan Barat. Afnan menuturkan bahwa kuis tersebut berbeda dengan lomba lainnya dan tidak ada sistem gugur.

Peserta tidak hanya diuji tes kemampuan akademis, namun juga kreativitas, kemampuan bicara, dan berkomunikasi. Menurut warga Jl Merak No 18 Kota Tegal itu, ada tiga tahap tes yakni tes akademis, fantastic me dan my idea. ”Yang paling sulit adalah my idea,” kata mantan ketua OSIS SMA 1 ini, kemarin.

Sebab peserta harus menuangkan ide di atas kertas yang dilukis sendiri bertema tentang sumber daya alam dan kebudayaan daerah masing-masing. ”Di tes itu saya menggambar pasar pagi dengan ciri khasnya yakni bangunan ‘benteng kembar’ yang sudah ada sejak zaman penjajahan,” kata Afnan didampingi Kepala SMA 1, Rismono.

Sedangkan tes fantastic me, peserta dipersilakan bermain di anjungan Taman Mini Indonesia Indah sambil berkomunikasi serta menyelesaikan tugas yang diberikan oleh tim dewan juri. Sementara Rismono mengatakan bahwa keluarga besar SMA 1 sangat mengapresiasi prestasi Afnan. (aj-95)

Dari Kanal 26 Nov, 2014


-
Source: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/afnan-labib-juara-nasional-kuis-kihajar/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Thanks for your comment