Animo Jadi Panwas Tetap Tinggi

SEMARANG – Minat kepesertaan dalam mengikuti seleksi panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota dinilai tetap tinggi. Hal tersebut dikemukakan Ketua Tim Seleksi (timsel) Panwas Edi Pranoto, semalam (25/11). Terdapat 167 pendaftar yang mengirim berkas pendaftaran hingga Selasa (25/11) pukul 13.45.

''Animo masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan pengawasan pemilu cukup tinggi. Ini menggembirakan, karena bagaimana pun itu membuktikan ada partisipasi warga,'' ujar Pembantu Dekan Fakultas Hukum (FH) Untag Semarang tersebut. Selain Edi, dalam persiapan perekrutan panwas kabupaten/kota juga melibatkan pihakpihak yang berkompeten.

Mereka adalah tim seleksi berasal dari latar belakang yang beragam. Terdapat nama akademisi Andreas Pandiangan (sekretaris timsel), Pemred Harian Umum Suara Merdeka Amir Machmud NS, tokoh masyarakat Fajar Subhi, dan mantan Ketua KPU Jateng Fitriyah.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun, daerah yang memiliki animo kepesertaan tinggi adalah Kota Semarang (32 orang), Kebumen (17), Purbalingga (13), Boyolali (16), Blora (11), dan Kabupaten Semarang (16). Adapun daerah lain masih dibawah enam kabupaten/ kota tersebut.

Akhir Desember

Sesuai target, pengumuman calon Panwaslu kabupaten/kota terpilih dilakukan akhir Desember 2014. Guna mempermudah pengawalan proses maupun supervisi terhadap seleksi ini, Bawaslu Jateng membagi 16 kabupaten/kota yang akan melakukan Pemilukada 2015 menjadi tiga region. Region pertama Kota Semarang, Rembang, Kota Pekalongan, Blora, Kendal, dan Kabupaten Semarang.

Region kedua meliputi Kota Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, dan Klaten. Adapun region ketiga antara lain Kabupaten Kebumen, Purbalingga, Kota Magelang, Wonosobo dan Purworejo. Secara garis besar, pengumuman pendaftaran dilaksanakan mulai 14 sampai 20 November.

Pendaftaran dan penerimaan berkas mulai 21 sampai 27 November. Pengumuman hasil administrasi 2 Desember. Adapun tanggapan dan masukan masyarakat mulai 2 sampai 6 Desember. Untuk tes tertulis dilaksanakan 6 Desember. Pengumuman test tertulis 8 Desember, sedangkan tes wawancara 12 sampai 17 Desember.

Pengumuman dan penyampaian tes wawancara dari timsel ke Bawaslu Jateng (6 besar calon anggota Panwas ) pada 20 Desember dan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) mulai 21 sampai 26 Desember 2014 untuk memilih tiga anggota Panwas. (H41,H68 – 61)

Dari Kanal 26 Nov, 2014


-
Source: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/animo-jadi-panwas-tetap-tinggi/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Thanks for your comment